Senin, 04 Februari 2013

Teknik Mesin dan Biosistem

Departemen Teknik Mesin dan Biosistem dahulu bernama Teknik Pertanian (TEP) adalah salah satu dari empat departemen pada Fakultas Teknologi Pertanian (FATETA) IPB.
Departemen TMB beralamat di Kampus IPB Darmaga, Bogor, P.O. Box 220, Bogor 16002, No. Telp. (0251) 8623026.
Alamat e-mail: tmb@ipb.ac.id, alamat website: http://tmb.ipb.ac.id, dan akun twitter: @tmb_ipb.
Dalam sejarahnya, sejak tahun 1960 Mekanisasi Pertanian merupakan salah satu bagian dari Departemen Agronomi Fakultas Pertanian, Universitas Indonesia (UI). Pada waktu Institut Pertanian Bogor (IPB) berdiri tahun 1963, pemerintah juga menyadari pentingnya pendidikan tinggi di bidang teknologi dan mekanisasi pertanian. Pada tahun yang sama, Departemen Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) meminta IPB untuk menghimpun semua fasilitas yang ada di IPB untuk dapat mendirikan suatu fakultas di bidang tersebut. Akhirnya pada tanggal 3 Oktober 1964 didirikan Fakultas Teknologi dan Mekanisasi Pertanian yang disingkat FATEMETA dengan dua jurusan studi, yaitu Jurusan Teknologi Hasil Pertanian dan Jurusan Mekanisasi Pertanian. Jurusan Mekanisasi Pertanian terdiri dari dua departemen, yaitu: 1) Departemen Mesin-mesin Pertanian dan 2) Departemen Konstruksi.
Pada tahun 1968, departemen-departemen di FATEMETA dikelompokkan menjadi dua departemen sesuai dengan jurusan studi yang ada, yaitu Departemen Teknologi Hasil Pertanian dan Departemen Mekanisasi Pertanian. Bagian-bagian yang ada di Departemen Mekanisasi Pertanian diubah menjadi tiga bagian, yaitu:
  1. Bagian Mesin-mesin Budidaya Pertanian,
  2. Bagian Teknik Tanah dan Air, dan
  3. Bagian Elektrifikasi / Bangunan / Mesin-mesin Pengolahan Pertanian.
Sejak tahun 1981 Departemen Mekanisasi Pertanian berubah nama menjadi Jurusan Keteknikan Pertanian, dan pada tahun 2000 berubah menjadi Jurusan Teknik Pertanian. Untuk pengembangan kelimuan itu, ada tujuh bagian di Departemen TEP yaitu:
  1. Bagian Teknik Mesin Budidaya Pertanian,
  2. Bagian Teknik Tanah dan Air,
  3. Bagian Sistem dan Manajemen Mekanisasi Pertanian,
  4. Bagian Teknik Pengolahan Pangan dan Hasil Pertanian,
  5. Bagian Energi dan Elektrifikasi Pertanian,
  6. Bagian Lingkungan dan Bagian Pertanian, dan
  7. Bagian Ergonomika dan Elektronika Pertanian.
Sejalan dengan sistem departemen base yang di jalankan oleh IPB, maka sejak tahun 2003 jurusan teknik pertanian berubah menjadi Departemen Teknik Pertanian. Mandat dari departemen TEP adalah “Mengembangkan ilmu keteknikan dan menerapkanya dalam bidang pertanian”. Dengan berbagai pertimbangan, terutama mengenai perkembangan bidang ilmu dan minat masyarakat, maka pada tahun 2010, berdasarkan SK Rektor, Departemen Teknik Pertanian berubah nama menjadi Departemen Teknik Mesin dan Biosistem (TMB). Perubahan juga terjadi pada bagian-bagian di dalam departemen, terdapat empat bagian baru yaitu:
  1. Teknik Mesin dan Otomasi (TMO)
  2. Teknik Biosistem (TBS)
  3. Teknik Energi Terbarukan (TET)
  4. Teknik Bioinformatika (TBI).

Visi dan Misi
Sejalan visi IPB, visi Departemen Teknik Mesin dan Biosistem adalah sebagai unit pelaksana tridharma perguruan tinggi bertaraf internasional dalam pengembangan sumberdaya manusia dan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (ipteks) dengan kompetensi utama pertanian tropika melalui eksplorasi dan penerapan ilmu teknik, guna menunjang pembangunan pertanian dan industri yang berkelanjutan serta usaha pertanian dan industri yang efisien.
Sesuai dengan visinya, Departemen TMB mempunyai misi sebagai berikut :
  1. Melaksanakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang teknik mesin dan biosistem dengan manajemen yang profesional, efisien dan efektif.
  2. Menghasilkan lulusan yang kompeten dengan dasar yang kuat di bidang teknik mesin dan biosistem.
  3. Meningkatkan kapabilitas, peran dan kepeloporan secara terus menerus dalam pembangunan pertanian dan industri pada level nasional, regional dan internasional.
  4. Mengembangkan departemen yang berkualitas internasional dengan membentuk hubungan dan kerjasama dengan institusi internasional.

Tujuan
Berdasarkan misi tersebut, tujuan dari Departemen TMB :
  1. Menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang teknik mesin dan biosistem, mampu berkompetensi di pasar global, memiliki dasar yang kuat di bidang teknik mesin dan biosistem serta mempunyai teknik yang tinggi di bidang manajerial, komunikasi dan kewirausahaan.
  2. Mengembangkan inovasi-inovasi penelitian baik yang dasar, terapan maupun yang strategis untuk menunjang proses pendidikan dan memecahkan problem-problem praktis di masyarakat.
  3. Mengimplementasikan penemuan-penemuan di bidang teknik mesin dan biosistem dalam masyarakat luas sekaligus memperkaya proses pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar